908 Peserta SPMB PTAIN Ikuti Ujian di STAIN Purwokerto

spmb2013

Selasa dan Rabu (25 & 26/6), 908 peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) mengikuti ujian tulis di STAIN Purwokerto. Pendaftar diperbolehkan mengambil 3 (tiga) program studi sebagai pilihan satu, dua, dan tiga.

Tahun akademik 2013-2014, kuota mahasiswa baru STAIN Purwokerto maksimal 1.300 yang tersebar pada 10 program studi. Dari jumlah keseluruhan tersebut, seleksi penerimaan dibagi menjadi 3 jalur, yaitu prestasi, SPMB PTAIN, dan lokal. Proporsi masing-masing jalur adalah prestasi sebanyak 300, SPMB sebanyak 500, dan lokal sebanyak 400. Untuk jalur lokal, 400 kuota yang tersedia, 250 diperuntukkan bagi mahasiswa non reguler. “Praktis tersisa 150 kursi bagi mahasiswa reguler,” Jelas Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Baru STAIN Purwokerto, Agus Sriyanto, M.Si.

Agus menambahkan kuota 500 SPMB PTAIN tidak harus terpenuhi walaupun mendaftar mencapai 908. “Hanya yang memenuhi kualifikasi minimal saja yang kita rekomendasikan diterima. Kita tidak memaksakan kuota 500 terpenuhi. Hal ini semata-mata untuk menjaga kualitas input,” tandasnya.

Dari pendaftar SPMB PTAIN, secara umum 10 program studi yang dimiliki STAIN Purwokerto memiliki tingkat keterpilihan yang merata. Namun demikian, beberapa program studi yang selama ini menjadi pilihan utama seperti Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Ekonomi Islam (EI), dan Manajemen Perbankan Syari’ah (MPS) memiliki tingkat kompetisi yang tinggi.

Selanjutnya, hasil seleksi tulis SPMB PTAIN akan diumumkan serentak tanggal 20 Juli 2013 di laman http://www.spmb-ptain.ac.id. Bagi peserta yang tidak lolos ujian SPMB PTAIN diberi kesempatan untuk mengikuti ujian jalur lokal. Namun karena kuota jalur lokal sedikit, tingkat kompetisi juga tinggi. “Tingkat kesulitan materi uji SPMB PTAIN dan jalur lokal relatif sama,” jelas Agus.

Share Button