Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan adalah organisasi intrakampus yang merupakan kelengkapan non-struktural Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pur¬wokerto. Organisasi kemahasiswaan diselenggarakan sebagai wahana proses pendidikan kepada mahasiswa yang mempunyai tujuan. Pertama, mendorong mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik secara profesional, yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan men-ciptakan ilmu keislaman, teknologi, dan seni yang berlandaskan Islam. Kedua, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu keislaman, teknologi, dan seni yang berlandaskan Islam, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan pemberdayaan potensi, taraf hidup ma-syarakat, dan memperkaya kebudayaan, yang berlandaskan Islam dan berwawasan kebangsaan.
Susunan organisasi kemahasiswaan STAIN Purwokerto adalah sebagai berikut.

A. SENAT MAHASISWA

  1. 1. Senat Mahasiswa merupakan badan normatif tertinggi organisasi kemahasiswaan di tingkat STAIN.
  2. 2. Anggota Senat Mahasiswa adalah utusan dari Partai Politik Mahasiswa (Parpolma) yang ditentukan berdasarkan pemilihan langsung mahasiswa STAIN Purwokerto ditambah 1 orang perwakilan masing-masing Prodi.
  3. 3. Anggota senat mahasiswa tidak boleh merangkap jabatan menjadi Presiden DEMA, Ketua UKM, Ketua BEMJ, dan Ketua BEM-P.
  4. 4. Pengurus SEMA ST terdiri dari seorang ketua, seorang sekretaris, seorang bendahara, dan anggota.
  5. 5. Susunan pengurus SEMA ST disahkan oleh Ketua STAIN Purwokerto atas usul Komisi Pemilihan Mahasiswa.
  6. 6. Senat Mahasiswa mempunyai fungsi dan tugas pokok: (a.) Melaksanakan konggres mahasiswa dan musyawarah kerja mahasiswa.; (b.) Memeriksa dan mengesahkan program kerja yang diusulkan oleh Dewan Eksekutif Maha-siswa STAIN, UKM, BEM-J, dan BEM-P.; (c.) Memeriksa dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) Dewan Eksekutif Mahasiswa STAIN, UKM, BEM-J, dan BEM-P.; (d.) Melakukan pengawasan pelaksanaan program kerja dari Dewan Eksekutif Mahasiswa, UKM, dan BEMJ.; (e.) Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa di tingkat STAIN Purwokerto.; (f.) Mengesahkan Undang-Undang yang diajukan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa.
  7. 7. SEMA ST dalam melaksanakan tugas-tugasnya bertanggung jawab kepada Ketua STAIN Purwokerto.
  8. 8. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, SEMA ST dapat membentuk komisi-komisi sesuai dengan kebutuhan.

B. DEWAN EKSEKUTIF MAHASISWA (DEMA)

  1. 1. DEMA adalah badan yang merencanakan, mengorganisasikan, dan melaksanakan program kemahasiswaan di tingkat STAIN.
  2. 2. Pengurus DEMA minimal terdiri dari seorang Presiden Mahasiswa, Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan menteri-menteri bidang sesuai kebutuhan.
  3. 3. Presiden DEMA dipilih secara langsung dalam Pemilihan Langsung Mahasiswa.
  4. 4. Susunan pengurus DEMA disahkan oleh Ketua STAIN atas usulan Presiden DEMA terpilih.
  5. 5. DEMA mempunyai fungsi dan tugas pokok: (a.) Menyusun program kerja beserta rencana anggarannya, dan mengusulkan kepada SEMA ST untuk mendapatkan pengesahan.;(b.) Melaksanakan program kerja sesuai dengan GBPU (Garis-Garis Besar Program Umum) yang ditetapkan oleh kongres Mahasiswa. (c.) Mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kerja kepada Ketua STAIN Purwokerto melalui kongres Mahasiswa. (d.) Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan di UKM, BEM-J, dan BEM-P. (e.) Mengangkat dan memberhentikan KPU Mahasiswa atas persetujuan SEMA ST.

C. BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA JURUSAN (BEM-J)

  1. 1. Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan adalah badan yang merencanakan, mengorganisasikan, dan melaksanakan program kemahasiswaan di tingkat jurusan.
  2. 2. Pengurus BEM-J minimal terdiri atas ketua, sekretaris, bendahara, dan koordinator serta anggota bidang sesuai dengan kebutuhan.
  3. 3. Ketua BEM-J dipilih secara langsung dalam Pemilihan Langsung Mahasiswa.
  4. 4. Susunan Pengurus BEM-J disahkan oleh Ketua STAIN Purwokerto atas usulan Ketua BEM-J terpilih.
  5. 5. Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan (BEM-J) mempunyai tugas pokok: (a.) Mempunyai program kerja beserta rencana anggarannya dan mengusulkan kepada Senat Mahasiswa untuk mendapatkan pengesahan.(b.) Melaksanakan program kerja yang telah disahkan oleh Senat Mahasiswa. (c.) Mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kerja kepada DEMA melalui Musyawarah Mahasiswa Jurusan. (d.) Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi (BEM-P).

D. BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI (BEM-P)

  1. 1. Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi adalah badan pelaksana program kemahasiswaan di tingkat Prodi.
  2. 2. Pengurus BEM-P terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, koordinator bidang, serta anggota bidang sesuai dengan kebutuhan.
  3. 3. Susunan pengurus BEM-P disahkan oleh Ketua STAIN Purwokerto atas usulan Ketua BEM-P terpilih.
  4. 4. Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi mempunyai tugas pokok: (a.) Menyusun program BEM-P beserta anggarannya, dan mengkoordinasikan pelaksanaannya kepada BEM-J. (b.) Melaksanakan program kerja berdasarkan hasil koordinasi dengan BEM-J. (c.) Mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kerja kepada BEM-J melalui Musyawarah Anggota BEMP.

E. UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM)
1. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah unit kegiatan mahasiswa di tingkat STAIN sebagai pelaksana kegiatan ekstrakurikuler.
2. Ketua UKM dipilih berdasarkan hasil musyawarah anggota di masing-masing UKM.
3. Ketua UKM dalam menjalankan tugasnya berhak menyusun kepengurusan sesuai dengan AD/ART masing-masing.
4. Pengurus UKM disahkan oleh Ketua STAIN berdasarkan usulan dari Ketua UKM terpilih.
5. UKM mempunyai tugas pokok: (a.) Melaksanakan program kerja sesuai dengan hasil keputusan musyawarah anggota. (b.) Mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kerja kepada DEMA melalui musyawarah anggota.
6. Pembentukan UKM baru harus dengan izin dari Ketua STAIN Purwokerto.
7. Ketentuan pembentukan UKM baru diatur oleh aturan yang dibuat oleh Senat Mahasiswa.

Jenis UKM yang ada di STAIN Purwokerto

a. Kelompok Studi Islam dan Kemasyarakatan (KSIK)
KSIK merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan apresiasi dan studi kritis mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan realitas sosial kemasyarakatan.

b. Teater Didik
Lembaga ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang kesenian, khususnya dalam seni teater dan kesusastraan.

c. Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam (FAKTAPALA)
KMPA FAKTAPALA merupakan unit kegiatan mahasiswa untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa, dan menjadi wadah perenungan serta rasa syukur terhadap karunia ilahi melalui sarana alam semesta.

d. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
Koperasi mahasiswa ini merupakan unit kegiatan sekaligus wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan.

e. Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) OBSESI
Lembaga Pers Mahasiswa OBSESI adalah lembaga otonom demi mem¬bangun dan mentradisikan intelektualitas melalui dunia tulis-menulis oleh mahasiswa di lingkungan STAIN Purwokerto.
Lembaga ini menjadi “laboratorium” bagi kajian ilmiah dan perilaku demokrasi dari mahasiswa, dan menjadi bagian penting dari tolok-ukur intelektualitas mahasiswa STAIN Purwokerto. Ekspresi intelektualitas itu melalui majalah, koran, dan penerbitan buku, yang dikelola secara otonom.

f. Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka merupakan unit kegiatan mahasiswa STAIN Purwokerto yang menumbuhkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang kepra-mukaan. Unit ini dibagi menjadi dua Racana yaitu: Racana Sunan Kalijaga Gudep 26.2833, dan Racana Cut Nyak Dien Gudep 28.2834.

g. EASA (English Arabic Student Association)
EASA adalah organisasi yang berkecimpung dalam usaha menumbuhkan minat dan prestasi dalam bidang bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan Arab. Kegiatan EASA meliputi klub percakapan (conversation club), praktik berbahasa asing dalam bentuk games (permainan-permainan), debat berbahasa asing, dan praktik lapangan dengan penutur asli.

h. MASTER
MASTER merupakan unit kegiatan mahasiswa untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang musik.

i. Olahraga
UKM Olahraga merupakan unit kegiatan mahasiswa untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang olahraga, di antaranya Kempo, Wall Climbing, Volley Ball, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepakbola, dan lain-lain.

Share Button